Kurangi Resiko Kanker Usus Dengan Olahraga

Berat badan yang berlebihan ditambah kurang olahraga membuat seseorang lebih berisiko terkena kanker usus, ungkap sebuah penelitian. Semakin berat, dan semakin jarang olahraga, maka semakin tinggi pula risiko kanker usus.

Sebaliknya, lebih banyak aktivitas fisik yang dilakukan seseorang, semakin rendah pula risiko terkena kanker usus. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan antara lain berjalan, jogging, berlari, bersepeda, berenang, melakukan olahraga tenis, yoga, dan lainnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa melakukan olahraga dan menjaga berat badan bisa menurunkan risiko kanker usus. Namun belum ada penelitian yang bisa menemukan penyebabnya. Penelitian ini telah menemukan biomarker molekul yang menyebabkannya, yaitu CTNNB1. Meski begitu, pengaruh CTNNB1 negatif terhadap risiko kanker usus masih belum jelas.

This post has already been read 827 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>