Rio Haryanto, Perwakilan Indonesia yang Siap Berlaga di F1

3. Rio Haryanto, Perwakilan Indonesia yang Siap Berlaga di F1

Rio Haryanto, sosok pria kelahiran Solo tanggal 22 Januari 1993 menjadi kebanggaan Indonesia. Ia mampu menorehkan prestasi terbaiknya di ajang Campos Racing. Rio menempati posisi keempat pada klasemen akhir, pencapaian tersebut sudah melewati target awal, yakni finish di lima besar.

Berkat prestasinya Rio berhasil mendapatkan kontrak Tim Manor F1 sebagai pembalap mereka di tahun ini. Rio pun menjadi satu-satunya pembalap Indonesia sekaligus yang pertama kali dalam sejarah bisa menjajal mobil Formula Satu. Ia digadang-gadang berpotensi menjadi pembalap muda untuk mewakili Asia di ajang Formula Satu tahun 2016.

Banyak prestasi yang sudah ia torehkan diantaranya menjadi pembalap pertama di level GP2. Pada tahun 2011, Rio berpartisipasi di ajang GP3 Series dengan tim Marussia Manor Racing dan pada seri Auto GP bersama tim Driot-Arnouz Motorsport (DAMS). Ia juga menjadi yang tercepat di seri 2.0 FAsia, memenangkan dua balapan untuk merebut peringkat ketiga secara keseluruhan dalam ajang tersebut. Di tahun 2009 Rio Haryanto kembali unjuk gigi dalam berbagai seri, termasuk Australian Drivers Championship dan Asian Formula Renault Challenge.

Mimpinya adalah bisa berlaga di F1 dan kini impian tersebut sudah di dapan mata. Manajemen Rio Haryanto mengungkapkan bahwa sudah menandatangani kontrak, namun dengan konsekuensi berupa dana sebesar 15 juta euro.

Dana saat ini yang terkumpul baru 5 juta euro yang didapat dari Pertamina. Sekiranya ia masih membutuhkan 10 juta euro lagi atau sekitar Rp 150 mililar agar dapat berlaga di Formula One.

Prestasi Rio Haryanto tentu sangat membanggakan Indonesia, oleh sebab itu harus didukung penuh dan semoga Rio dapat sukses berlaga di F1.

Rio Haryanto

This post has already been read 552 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>